animasi bergerak naruto dan onepiece
RSS
Post Icon

Cara Menggunakan Diagnostic Tools Yamaha


Bro sekalian, untuk artikel pertama  tematik Workshop FI Yamaha tmcblog mulai dengan Alat Diagnostik  . . . Alat diagnostik tool ini merupakan sebuah alat pendiagnosa baru untuk sistem FI yang dikembangkan Yamaha untuk kepentingan jaringan bengkel resminya. Bedanya dengan alat diagnostik portable seperti yang biasanya dipakai dulu untuk mengecek kondisi kesehatan si marun apa dong ? . . . alat diagnostik yang dulu cuma bisa membaca dan menginformasikan keadaan sistem injeksi, sedangkan  alat yang baru yang dijual untuk jaringan 3S Yamaha sebesar 2,5 Juta Rupiah (murah ya? ) per set ni lebih canggih dan memiliki fungsi lebih dari sekedar membaca/mengukura dan menginformasikan . . . coba kita cek list satu satu ya kecanggihannya . . .


:roll: diagnistic tool terhubung ke laptop dengan antarmuka USB

:roll: antar muka dengan ECU Vixion
Yang pertama Diagnostic Tool ini Bisa membaca keadaan sistem FI, merekamnya, serta mencetak . ..  saat pertama kali tmcblog mencoba alat ini, tmcblog menggunakan Yamaha V-Ixion sebagai pasien. Alat diagnostic tool dihubungkan dari ecu Vixion masuk ke port usb di laptop, (2 gambar atas ) lalu kita jalankan software diagnostic tool  di laptop. Ternyata sesaat setelah dinyalakan . . .tmcblog bisa melihat rekam ‘medis’ sang vixion pada pengecekan yang lalu :D – lihat gambar di bawah . . .

wew . . . ternyata pernah ada masalah dengan pasien kita si vixion ini . . . pernah ada masalah dengan lean angle sensor dan sensor temperatur coolant yang sudah diperbaiki ada tanda ceklist . . . kayaknya motor ini bisa jadi pernah jatoh atau gimana sehingga lean angle sensor pernah bermasalah . . . . mantebbb juga nih . . . oke lanjuuut ternyata ini program belom mendapat perlakukan inisialisasi . . . cek gambar dua berikut . . .


Step pertama dalam proses inisialisasi adalah mengupload standart value . . . yang berisi parameter parameter dasar pabrikan serta range nilainya . setiap motor beda parameter dasarnya . . . vixion beda dengan Mio J . . .oleh karena itu file parameter dasarnya beda . . . oke setelah di upload . . . akan tertera notifikasi LENGKAP !! nahhh program sudah punya standar value yang berguna untuk membandingkan nilai pengukuran . . . lanjuuut Diagnosa fungsi




Pada diagnosa fungsi kita melakukan observasi terhadap beberapa parameter pengukuran dari beberapa sistem injeksi vixion . . . misalnya derajat sensor posisi trotel, tekanan udara yang masuk, temperatur udara yang masuk dan lain lain. Kalau setelah diukur dan Masuk dalam range ok, mekanik akan menuliskan OK pada reportnya (lihat pada 4 gambar diatas). Lalu setelah mendiagnosa kita lanjutkan pada sesi pemerikasaan . .. eng ing eng




Pada sesi diagnosa kita (mekanik) hampir pasif , karena kebanyakan hanya sistem sofware saja yang bekerja, maka pada sesi Pemeriksaan dituntut peran aktif mekanik. Silahkan cek gambar diatas . . . untuk mengecek sinyal pada TPS maka mekanik disuruh buka gas penuh dalam beberapa detik . . . ya kudu ngikuti itu perintah, mulai ya mulai – stop ya stop . . . jika berhasil maka akan ada notifikasi OK . ..  cangggiiiih .  .. .(tapi tentu nggak mudah, tmcblog beberapa kali fail karena durasi ngebetot trotelnya salah dll-ternyata jadi mekanik nggak mudah juga :P )  silahkan simak di tiga gambar diatas . . . setelah ini kita bisa berlanjut ke pengecekan nilai CO . ..



Di display tertulis penyetelan Nilai CO . . . jadi bukan ngecek saja . . . atau dengan kata lain, sebenarnya pada sesi ini bisa menjadi sesi tweaking dari sistem mesin . . . Volume dari kandungan fuel (bbm) bisa diperkaya dan bisa dipermiskin dengan hanya menyeting angka Volume dengan menambah atau mengurangi angka simpel bangeeet . . .  . ..  angka untuk nilai Air to Fuel Ratio (AFR) yang ideal adalah angka Nol ( 0 ) . ..  nilai ini pun bisa di save dan bisa dilihat dikemudian hari . . . cakebbbb .. .lanjut ke fungsi Osiloskop dari Diagnostic tools



TMCBlog dulu dah pernah kasih informasi bahwa diagnostic tool Yamaha yang menggunakan layar laptop ini punya keunggulan lain sebagai semacam osiloskop . . . membaca data dalam bentuk grafik biasanya lebih mudah dianalisa dari pada membaca data data diskrit yang bikin mumet . . . dari sekilas kita bisa lihat apakah ada fluktuasi temperatur ataupun  adanya impuls impuls dari putaran mesin . . . mantebbbnya data ini pun bisa di save dan dicetak . . . Mekanik bisa show off membuktikan bahwa langsam motor vixionnya stabil koq . . . siiip bangeeet


Lha itu buat Vixion  . . .cuma dua parameter yang bisa dilihat . . . tapi kalo Mio J .. . lebih ediiiyan lagiiii . . . ada 16 parameter yang bisa didisplay pada osiloskop digital yang merupakan hasil diagnosa dari sistem diagnostic tool Yamaha yang baru mulai dari temperatur udara sekitar, temperatur pendingin, tekanan atmosfer, sampai keadaan O2 sensor . . . cekidot deh di dua gambar diatas . . . banyak banget Informasi yang bisa dilihat dari Mio J karena memang sistem diagnostic tool yang baru ini didesain untuk menunjang sistem Injeksi Mio J yang memiliki sensor lebih banyak . . . . .


The last . . . semua parameter di save untuk bisa dicetak maupun dilihat dikemudian hari . . . bahkan datanya bisa di emailkan ke pemiliknya . . . konsumen tentu merasa puasssss bisa mengeathui secara kualitatif dan kuantitatif parameter kesehatan motornya . . . ajiiibbb mantabbb bangeeet . . . tmcblog melihat memang Diagnostic tool Yamaha terbaru ini cukup informatif dan menunjukan kesiapan Yamaha dalam mengawal aftersales setiap produk Injeksinya . . .
Taufik of BuitenZorg
simak artikel artikel Tematik Workshop FI Yamaha yang selanjutnya . . . mudah mudahan bisa dalam dan detail

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

3 komentar:

wisnu ramdhani mengatakan...

di mna jualan prangkat fi diagnotic tool

johan arisandi mengatakan...

bro bisa minta sofwarenya?

Burhan Uddin mengatakan...

kalau mau beli softwaer di mana alamat nya

Posting Komentar

Welcome to TSM Website , Sering2 Mampir ea .